Senin, 14 Januari 2013

Posted by AHMAD HILMY ASHOF On 15.40
Sekarang ini bisnis internet berkembang dengan pesat. Marketing yang dulunya berbasis offline kini mulai bergeser ke arah online. Hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh semakin berkembangnya teknologi informasi, banyaknya pengguna internet, dan luasnya jaringan pemasaran. Marketing di internet memiliki banyak sekali tipe terkait mekanisme operasinya, salah satunya adalah iklan dengan sistem Pay Per Click (PPC).

Iklan PPC menurut sebagian kalangan merupakan jenis iklan yang paling pesat perkembangan dan penggunaannya sebagai bisnis online, baik dari kalangan publisher maupun advertiser. Iklan PPC menggunakan metode di mana setiap publisher (pihak yang menampilkan iklan dari advertiser ke dalam blog mereka) akan mendapatkan sejumlah penghasilan apabila ada pengunjung yang mengklik iklan yang ditampilkan tersebut. Biasanya publisher akan menerima bayaran atau “cash out” setelah penghasilan mereka terkumpul mencapai sejumlah penghasilan tertentu.

Dari sisi advertiser, iklan PPC ini akan mengharuskan mereka untuk membayar sejumlah uang saat iklan mereka diklik oleh orang. Variasi bayarannya pun berbeda-beda, tergantung jenis iklan yang kita tampilkan, apakah berbentuk iklan teks atau banner.

Lalu siapa yang mengelola atau menghubungkan antara kepentingan advertiser dan publisher? Biasanya hal ini dijembatani oleh sebuah situs yang menawarkan jasa layanan periklanan. Mereka akan menerima advertiser yang akan mengiklankan iklan mereka dan mendistribusikan iklan tersebut ke semua website maupun blog yang mendaftarkan diri sebagai publisher di situs tersebut.

Beberapa daftar situs lokal yang menyediakan layanan iklan PPC antara lain sebagai berikut:

Kadang ada beberapa situs yang mengharuskan kita memenuhi persyaratan tertentu untuk bisa bergabung sebagai publisher di program mereka. Akan tetapi, banyak juga yang tidak mengharuskan persyaratan tertentu bagi kita untuk bisa bergabung dengan mereka. Situs penyedia layanan iklan PPC di level lokal lebih mudah menerima kita untuk bergabung diprogram mereka daripada situs demikian yang berasal dari luar negeri. Selain karena faktor besarnya jumlah penghasilan yang akan kita terima, hal mendasar yang mengharuskan blog bisa diterima dalam program iklan PPC luar negeri adalah masalah bahasa di mana blog kita dituntut untuk berbahasa inggris.

Beberapa iklan PPC dari luar negeri antara lain sebagai berikut:
  • Google Adsense.
  • Adbrite.
  • Chitika.
  • SpeedyAds.
  • crispads.
  • Peakclick.
  • Revenuepilot.
  • Vibrantmedia.
  • Adknowledge.
  • DoubleClick.

Meski penghasilan yang akan kita terima dari situs iklan PPC level lokal tidak begitu besar daripada iklan PPC luar negeri, setidaknya untuk mengobati penasaran kita dapat mencoba salah satu di antaranya sambil mempersiapkan untuk bisa diterima di program iklan PPC luar negeri.

1 komentar:

  1. monggo berbagi komentar di blog saya juga :) http://gemamedia-wonosobo.blogspot.com/

    BalasHapus